Rabu, 04 Januari 2017

Usaha Kecil Dan Kewirausahaan

Usaha Kecil Dan Kewirausahaan



Oleh :
I MADE AGUS PRAMANA PUTRA
1515151009



PROGRAM EKSTENSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS UDAYANA
2016


KATA PENGANTAR

          PujisyukursayapamjatkankehadiratTuhan Yang Maha Esa yang telah  memberikan rahmat sertakarunia-Nya kepadasayasehinggasayaberhasilmenyelesaikanpaper Pengantar Bisnis ini tepat pada waktunya.
            Paper iniberisikantentanginformasimengenaiUsaha Kecil Dan Kewirausahaan”. DimanadiharapkandapatmemberikaninformasikepadakitasemuatentangisidariUsaha Kecil Dan Kewirausahaan”.
            Sayamenyadaribahwapaperinimasihjauhdarisempurna, olehkarenaitukritikdan saran darisemuapihak yang bersifatmembangunselalusayaharapkan demi kesempurnaan paper ini.
           


Denpasar, 18 Mei 2016
                                                                                                                       
                                                                                                                       















DAFTAR ISI
           
Kata Pengantar.......................................................................................................... ii
Daftar Isi..................................................................................................................... iii
BAB I. PENDAHULUAN........................................................................................ 1
1.1 . LatarBelakang................................................................................................. 1
1.2 . RumusanMasalah............................................................................................ 1
1.3 . TujuanPenulisan.............................................................................................. 1
BAB II. PEMBAHASAN........................................................................................... 2
2.1    Pengertian Usaha Kecil.................................................................................... 2
2.2    PengertianKewirausahaan................................................................................ 3
2.3    Ciri-ciriWirausaha yang Berhasil..................................................................... 3
2.4    Faktor Kegagalan Seorang Wirausaha............................................................. 4
BAB III. PENUTUP.................................................................................................. 6
3.1 . Kesimpulan..................................................................................................... 6
3.2 . Saran............................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................ 7



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
            Di zaman globalisasi sekarang ini, batas antar negara-negara sudah mulai hilang sebagai akibat modernisasi komunikasi, ditambah lagi dunia sedang memiliki masa krisis finansial global yang menggangu aktivitas-aktivitas ekonomi skala global. Ribuan karyawan di-PHK dari pekerjaannya, hal ini terjadi tidak semata-mata hanya di negara Indonesia saja akan tetapi fenomena ini telah terjadi di banyak negara di belahan dunia. Sebagai salah satu langkah menghadapi masalah ekonomi sekarang yang ditandai dengan bertambahnya angka pengangguran, maka sudah saatnya warga negara-negara di dunia di tuntut untuk mulai mandiri, tidak menggantungkan diri menjadi karyawan dari sebuah perusahaan.
            Bentuk kemandirian bisa saja dalam bentuk membuka usaha atau bisnis sendiri dan dikelola sendiri. Banyak bentuk-bentuk bisnis yang bisa dijalani oleh siapapun. Tentunya hanya orang-orang yang siap saja yang mampu menang di era kompetitif dan krisis global sekarang ini. Sejarah telah menunjukkan bahwa inovasi besar lebih mungkin muncul bisnis-bisnis kecil. Inovasi tidak selalu merupakan produk baru. Michael Dell tidak menemukan PC akan tetapi dia mengembangkan satu cara yang inovatif untuk menbuatnya (membeli komponen yang sudah jadi dan merakitnya) dan cara inovatif untuk menjual (langsung kepada konsumen mula-mula melalui telepon dan sekarang melalui internet). Menurut SBA, bisnis kecil memasok 55% dari semua inovasi di pasar AS.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari usaha kecil?
2.      Apa pengertian dari keriwausahaan?
3.      Apa saja ciri-ciri dari wirausaha yang berhasil?
4.      Apa saja faktor menyebabkan kegagalan seorang wirausaha?

1.3  Tujuan Penulisan
1.      Agar dapat mengetahui pengertian dari usaha kecil
2.      Agar dapat mengetahui pengertian dari kewirausahaan
3.      Agar dapat mengetahui ciri-ciri wirausaha yang berhasil
4.      Agar dapat mengetahui faktor kegagalan seorang wirausaha



BAB II
PENDAHULUAN

2.1          Pengertian Usaha Kecil
1.      Menurut Small Business Administration Amerika, bisnis kecil adalah :
a)      Sebuah pabrik yang didirikan dan dijalankan oleh beberapa karyawan.
b)      Usaha grosir dengan jumlah penjualan kurang dari $ 200.000 setahun.
c)      Usaha toko eceran, perusahaan konstruksi, usaha jasa dengan jumlah penghasilan setahun kurang dari $ 50.000.
2.      Menurut Committee for Economic Development, bisnis kecil adalah :
a)      Manajemennya dilakukan secara bebas, biasanya pemilik langsung menjadi manajer.
b)      Modal berasal dari pemilik atau kelompoknya.
c)      Daerah operasinya bersifat lokal, dan si pemilik bertempat tinggal tidak jauh dari lokasi bisnis.
d)     Dalam hal usaha industri ukuran besar dan kecil itu sangat relatif. Suatu bisnis dikatakan kecil jika dibandingkan dengan bisnis yang sejenis.
3.      Menurut Megginson, klasifikasi bisnis kecil ditentukan oleh jumlah karyawan :
a)      Dibawah 20 orang --------------- termasuk kecil
b)      20 – 99 ---------------------------- termasuk small
c)      100 – 499 ------------------------- termasuk menengah
d)     500 atau lebih -------------------- termasuk besar
4.      Menurut Ebert dan Griffin, bisnis kecil adalah suatu usaha yang dimiliki dan dikelola secara bebas, dan bisnis kecil ini tidak mendominasi pasar. Bisnis kecil ini bukan merupakan bagian atau cabang dari perusahaan lain. Yang menjalankan bisnis adalah pemilik sendiri, bekerja bebas sesuai dengan kesanggupannya.
Jadi, bisnis kecil adalah suatu bisnis yang memiliki modal kecil, kegiatan usaha kecil, dan mempekerjakan beberapa orang karyawan.




2.2     PengertianKewirausahaan
     Kewiraswastaan (enterpreneurship) adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk berisiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha, untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Melalui upaya yang dijalankannya, yang bersangkutan merencanakan dan mengharapkan kompensasi dalam bentuk keuntungan di samping juga kepuasan. Bidang usaha atau perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu (wiraswastawan/entrepreneur) sebagai alternatif penyediaan lapangan kerja, minimal bagi si pemilik modal itu, kita sebut wiraswasta.
Selain memperoleh keuntungan, beriwaswasta juga tak terlepas dari kemungkinan rugi. Sisi keuntungan berwiraswasta adalah kemungkinan untuk mengatur tingkat keuntungan yang diharapkan (semakin giat usaha dan waktu yang dicurahkan, akan semakin besar harapan perolehan keuntungannya), melatih ketajaman intuisi bisnis, meningkatkan sifat tanggung jawab terhadap dirinya sendiri (juga terhadap keluarga dan bangsa), dan memiliki wewenang untuk memerintah dan mengelola karyawannya. Sedangkan sisi kerugian berwiraswasta adalah tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan usaha, perlunya menjaga relasi yang baik terhadap pihak-pihak terkait dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, menanggung beban akibat kerugian perusahaan, pencurahan waktu kerja, maupun bentuk pengorbanan lainnya yang berkaitan dengan keluarga.
 Pada umumnya orang yang tidak berani mengambil risiko akan menghindari kesempatan berwiraswata. Karena, dengan bekerja kepada orang lain, mereka memiliki tanggung jawab yang lebih ringan atas kerugian perusahaan, memiliki jam kerja yang teratur, dan seringkali memperoleh penghasilan tambahan.

2.3     Ciri-ciri Wirausaha yang Berhasil
Ada beberapa pandangan dikemukakan oleh orang-orang berpengalaman bagaimana menjadi pengusaha sukses. Jeffry A Timmons, Guru Besar Studi Manajemen di Northern University Boston, menyatakan pengusaha yang suksesmemiliki karakteristik umum sebagai berikut :
1.    Memiliki semangat dan daya juang tinggi.
2.    Keyakinan diri mampu memperhitungkan dan menanggung resiko.
3.    Mempunyai sasaran tujuan yang tinggi tetapi realistis dan dapat dicapai.
4.    Keyakinan bahwa ia mampu mangendalikan nasib naiknya sendiri.
5.    Kemampuan untuk mau memperlajari, mengkaji kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya,
6.    Dorongan selalu ingin bersaing secara tetap. (Majalah Produktivitas, No 50/1996)
Jika usaha telah mengalami kemajuan ataupun mengalami kelesuan, kita tidak boleh lengah, tapi harus mengadakan re-evaluasi tentang :
1.    Tinjau kembali produk anda, apa yang sudah dihasilkan, apakah sudah memenuhi keinginan konsumen.
2.    Teliti organisasi anda, lihat bagaumana kinerja organisasi, lihat span of control, adakah yang luput dari pengawasan.
3.    Sistem kerja, apakah sudah cukup efisien, apakah sudah menempatkan orang pada tempatnya.
4.    Teliti pribadi anda, lihat penampilan, hubungan, komunikasi dengan lingkungan, apakah masih dapat ditingkatkan.

2.4           Faktor Kegagalan Seorang Wirausaha
Disamping kegagalan yang disebabkan bencana atau kecelakaan dan menurunnya kesehatan pemilik, alasan-alasan manajerial menduduki tempat utama. Kurangnya ketramnpilan manajemen karena pekerjaan makin banyak dan kompleks, menimbulkan kurangnya pengawasan dan tanggung jawab. Kadang-kadang manajer tidak sanggup menyusun perencanaan yang sempurna dan kurang memeprhatikan analisa pasar, juga tidak memiliki tenaga kerja yang dapat diandalkan untuk dididik agar berkembang. Unsur-unsur ketidakmampuan manajemen ini dapat dirinci sebagai berikut :
1.    Modal kurang mencukupi.
2.    Lokasi kurang menguntungkan.
3.    Membeli barang terlalu banyak.
4.    Kurang mengawasi persediaan barang.
5.    Keadaan ekonomi kurang menguntungkan.
6.    Pengeluaran dan tanggungan biaya terlalu besar.
7.    Mengambil kredit tidak penuh perhitungan.
8.    Tidak mengadakan pembukuan yang baik.
9.    Mengadakan ekspansi pembukuan yang baik.
10.     Tanggungan biaya tetap terlalu besar.
Menurut Clifford M Baumback, sebab kegagalan utama ialah ketidakmampuan menajemen sebesar 98%.
Pandangan lain menyatakan bahwa sebab-sebab kegagalan pada umunya ialah :
1.    Tidak mampu mengelola bisnis, mungkin tidak mampu mengambil keputusan segera, tidak mengetahui hakekat bisnis yang digelutinya dan sebagainya.
2.    Lalai, artinya terlalu santai dalam menjalankan bisnis.
3.    Tidak mampu melakukan pengawasan, baik terhadap perilaku karyawan/pembantunya, maupun terhadap barang, dan uang.
4.    Modal sangat kecil, dan tidak mampu memperoleh tambahan modal.






















BAB III
PENUTUP

3.1           Kesimpulan
Bisnis kecilmerupakan usaha yang bercirikan seorang pemiliknya sekaligus sebagai pengelola perusahaan sendiri dan pada umumnya memiliki modal yang relatif sangat kecil akan tetapisebuah usaha kecil atau bisnis kecil bisa menjadi sebuah bisnis besar jika pelaku bisnis itumemperhatikan kekuatan dan kelebihan dalam menjalani bisnis kecil. Meskipun kendala yang dihadapi oleh seorang wirausahawan berbagai macam,itu dapat menunjukkan dengan nyata bagaimana pemikiran seorang wirausahawan yang sebenarnya dan terlihat nyatakemandiriannya. Dan seorang wirausahawan,sejatinya ia merupakan seseorang yang patutdicontoh,karena ia merupakan seseorang yang tidak hanya menginginkan profit sajadalam melakukan usahanya namun wirausahawan sejati ialah seseorang yang berusaha untukmengembangkan usaha yang ia rintis mulai dari kecil untuk menuju usaha yang lebih besarserta untuk melayani kebutuhan masyarakat secara lebih baik.
3.2      Saran
Bisnis kecil adalah suatu kegiatan usaha yang sangat tepat di tengah adanya krisis finansialglobal sekarang ini dan sebagai alternatif solusi menekankan angka pengangguran yang akhir-akhir ini semakin meningkat. Pemerintah perlu mensosialisasikan kepada masyarakatbahwa pentingnya adanya usahabisnis kecil untuk membentuk suatu kemandirian bangsa.Pemerintah perlu pula mendukung daripada perkembangan bisnis kecil ini, dalam hal ini bentuk dukungandana modal dengan bunga yang relatif rendah adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis.Dengan begitu,pertumbuhan bisnis kecil dapat berkembang semakin pesat.







DAFTAR PUSTAKA

Buchari Alma. 2014. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Nickels, dkk. 2009. Pengantar Bisnis: Understanding Business. Edisi 8 Buku 1. Salemba Empat.

M. Fuad, Christina, dkk. 2005, Pengantar Bisnis, Cetakan keempat, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

2 komentar:

  1. artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca, terutama bagi yang ingin memulai terjun membuka usaha sendiri.. terimakasih...
    Aplikasi Toko Android

    BalasHapus
  2. INFORMASI PENTING! ini link alternatif sabung ayam digmaan untuk versi handphone tanpa download langsung masuk!
    Link alternatif sabung digmaan terima kasih

    BalasHapus